Rabu, 24 Juni 2009

Rakima, ...Profil Seorang Mandor Tukang Bangunan Teladan


Beliau berasal dari sebuah desa di cirebon jawa barat bernama ciperna. kontur desa yang berbukit dan berbatu membuat aspek pertanian sulit diterapkan di desa tersebut. mata pencaharian sebagai petani agaknya sulit dicapai di desa tersebut. entah sudah kodrat, sudah sejak lama banyak yang berprofesi sebagai tukang bangunan di desa ciperna.
Pak Rakima sudah lebih dari 30 tahun berprofesi sebagai ahli bangunan (kriteria dari perusahaan semen holcim). dari tingkat kenek yang terendah sampai pada mandor bangunan telah di tempuhnya. beragam jenis proyek dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda telah di laluinya. tingkat kepuasan konsumen selalu dijaganya.
tidak pelit ilmu salah satu sifatnya. beliau selalu membimbing anak buahnya agar cepat "mumpuni" seperti beliau. banyak anak buahnya yang sekarang sudah menjadi mandor atau bahkan sudah menjadi kontraktor.
dari istrinya beliau dikaruniai 4 orang anak perempuan dan 1 laki-laki. beliau mempunyai menantu yang juga tukang bangunan. pada anak lelaki satu-satunya beliau bercita-cita agar bisa lebih dari dirinya, "kalau bisa jadi kontraktor..." ucap beliau kepada saya.
di usianya yang menjelang senja beliau mengaku kalau tenaganya sudah banyak berkurang, demikian juga matanya yang sudah kurang awas lagi. kedekatan beliau dengan yang diatas, selalu coba ditularkan kepada anak buahnya.. semoga pak rakima panjang umur dan banyak rezeki ya pak...

2 comments:

Unknown mengatakan...

Halo, salam Pak Osa,

Kenalkan, saya Yade Trianto, mahasiswa jurusan MSM - ITB. Kebetulan sekarang saya sedang melakukan riset tentang manajemen (manusia) dalam proyek bangunan gedung. Disini saya mempelajari apakah ada aturan2 berkenaan dengan tingkah laku tukang, yang harus kita (manajer/mandor) mengerti ketika berada di lapangan. Aturan2 tersebut dikaitkan dengan latar belakang suku dari tukang tersebut.

Misalnya, kalo orang Jawa kita sediakan kopi dan gorengan di pagi hari, sedang siang kita kasi air putih. Atau perbedaan jam kerja untuk orang Jawa, Sunda atau yg lainnya. Kebiasaan merokok sambil kerja. Makanan untuk makan siang.

Terima kasih atas bantuannya ya Pak.

Yade Trianto

evan mengatakan...

ayo mang rakima semangat,...
wonk ciperna

Posting Komentar